Berita & Artikel Kesehatan

Kebiasaan Tentang Kebersihan Diri yang Wajib Diajarkan Pada Anak

Rabu, 24 Oktober 2018 | 14:26:25 WIB | Dibaca: 28 Kali

8 Kebiasaan Tentang Kebersihan Diri yang Wajib Diajarkan Pada Anak

 
8 Kebiasaan Tentang Kebersihan Diri yang Wajib Diajarkan Pada Anak

Menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) lebih dari sekadar membiasakan anak untuk mencuci tangan. Mengajarkan anak pentingnya menjaga kebersihan diri pada anak sejak dini dapat menciptakan kebiasaan baik yang akan melekat hingga seumur hidup mereka.

Kebiasaan menjaga kebersihan diri yang perlu diajarkan kepada anak

Berikut adalah beberapa kebiasaan menjaga kebersihan diri yang dapat Anda ajarkan pada anak sejak kecil.

1. Rutin mencuci rambut

Kebanyakan anak kecil perlu diajari untuk mencuci rambut mereka dua hingga tiga kali dalam seminggu. Keramas terlalu sering sebenarnya tidak terlalu dianjurkan karena dapat membuat kulit kepala kering dan lebih rentan ketombean.

Saat mulai beranjak remaja, hormon pubertas akan meningkat dan membuat rambut lebih berminyak. Pada masa ini, ajarkan pada anak untuk mencuci rambut mereka dengan shampoo sesering mungkin, jika perlu anjurkan mereka untuk mencucinya setiap hari.

2. Rajin mandi

Sebagian anak kecil tidak suka mandi, sementara sebagian lain akan menganggap mandi merupakan aktivitas yang menyenangkan. Anda dapat menjadikan mandi sebagai kegiatan yang menyenangkan dengan membiarkan mereka berendam dalam air busa. Siapkan juga air hangat untuk membilas mereka setelah selesai berendam.

3. Merawat kesehatan kulit

Anak-anak usia pra-sekolah masih membutuhkan bantuan orangtua untuk merawat kulit mereka. Kelainan kulit yang sering terjadi pada usia ini adalah ruam kemerahan, memar, dan bekas gigitan serangga. Anda dapat mengajari anak Anda untuk membiasakan diri memeriksa seluruh tubuh mereka sebelum berpakaian. Ajari mereka untuk mencari apakah terdapat luka atau kemerahan pada kulit yang membutuhkan perawatan.

Saat beranjak remaja, perubahan hormon akan membuat kulit wajah anak Anda lebih berminyak. Produksi minyak yang meningkat ini dapat memberikan masalah pada wajah seperti jerawat. Banyak anak meremehkan jerawat di wajah dengan hanya mencuci muka dengan air dan sembarang sabun. Ajari anak anda untuk mencuci wajah mereka dua hingga tiga hari dalam sehari dan ajari mereka untuk tidak memencet jerawat.

Jika anak Anda perempuan, beri tahu mereka bahwa berbagi riasan wajah dengan teman dapat menyebarkan infeksi kulit. Selain itu, tidur dengan riasan wajah juga tidak baik bagi kesehatan kulit wajah.

4. Menjaga kebersihan mulut dan gigi

Gigi dan gusi yang bersih dapat mencegah berbagai masalah kesehatan rongga mulut, seperti bau napas dan gigi berlubang. Ajari anak untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari jika tidak sehabis makan. Anak yang lebih besar dapat diajari untuk membawa sikat gigi di tas mereka sehingga mereka dapat menyikat gigi setelah makan di sekolah. Ajari pula anak sejak kecil, bahwa dibutuhkan setidaknya dua menit untuk membersihkan gigi secara baik dan benar.

5. Membersihkan ketiak

Sebagian remaja mungkin malas untuk membersihkan ketiak mereka dengan benar dan tidak memakai deodoran. Keringat dapat memicu bau badan pada anak remaja, dan seringnya dimulai sejak usia 9 atau 10 tahun. Ajari anak Anda mengenai pentingnya membersihkan daerah ketiak mereka, terutama setelah berolahraga. Tergantung seberapa banyak keringat anak Anda, Anda dapat mengajurkan deodoran antiperspirant untuk mereka. Deodoran biasa mengontrol bakteri dan memberikan aroma yang harum, sementara deodoran  antiperspirant memiliki manfaat tambahan yaitu dapat mengurangi produksi keringat.

6. Mencuci tangan

Mencuci tangan merupakan pilar yang sangat penting untuk membangun kebiasaan menjaga kebersihan diri sendiri. Ajarkan anak Anda untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah bermain di tempat kotor atau menyentuh binatang, dan setelah melakukan kontak dengan orang yang sakit.

Ajari juga mengenai pentingnya mencuci tangan dengan sabun. Mencuci tangan dengan hand sanitizer kurang efektif jika dibandingkan dengan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Oleh karena itu, biasakan anak Anda untuk menggunakan hand sanitizer sesedikit mungkin selama masih tersedia air mengalir dan sabun untuk mencuci tangan.

7. Kesehatan kuku

Kuku dapat menjadi tempat yang baik bagi bakteri untuk tumbuh. Kuman yang bersarang di kuku anak Anda dapat dengan mudah berpindah ke mata, hidung, dan mulut. Selalu biasakan anak Anda untuk membersihkan kotoran di bawah kuku sebelum tidur. Menggunting kuku seminggu sekali juga dapat membuang kotoran dan menurunkan kemungkinan terjadinya cantengan.

8. Kebiasaan di toilet

Setelah anak Anda sudah bisa pergi ke toilet sendiri, Anda juga harus memastikan bahwa mereka dapat menjaga kebersihan bagian intim mereka. Ajari mereka untuk membersihkan organ kemaluan mereka dari depan ke belakang, dan biasakan mereka untuk mencuci tangan setelahnya. Kebiasaan ini dapat mengurangi risiko iritasi dan mencegah terjadinya infeksi.

Bagi remaja putri yang sudah mengalami menstruasi, ajari mereka untuk mengingat siklus menstruasi mereka sendiri sehingga mereka dapat menyiapkan pembalut menjelang menstruasi. Beritahu mereka bahwa siklus menstruasi mereka bisa saja masih tidak teratur dalam dua tahun pertama sejak mereka menstruasi untuk pertama kalinya.



Komentar Facebook


Berita Lainnya
Pemkab Gelar Pelatihan Aplikasi E-Office

Pemkab Gelar Pelatihan Aplikasi E-Office

Diskominfo Gelar Pelatihan Aplikasi E-Office MUARASABAK- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanjung Jabung Timur menggelar pelatihan aplikasi E-Office. Pelatih...

Kamis, 01 Februari 2018 | 11:20:54 WIB - Kategori: Artikel
10 Penyakit Paling Mematikan di Indonesia

10 Penyakit Paling Mematikan di Indonesia

Stroke JantungKoroner Diabetes Tuberkulosis(TBC) Hipertensi Hepatitis Malaria Diare HIV Leukimia  Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Stroke Str...

Selasa, 06 September 2016 | 23:50:45 WIB - Kategori: Artikel

Pengaduan Online
Sampaikan keluhan anda kepada kami, identitas anda akan kami jaga dan lindungi secara hukum.
Copyrights 2016 RSUD Nurdin Hamzah Kab. Tanjung Jabung Timur. Developed by Bermultimedia.com